Pendidikan

Pengertian Komputer : Menurut Ahli dan Perangkatnya

Definisi komputer – Sebagai perangkat elektronik yang sangat populer bahkan dibutuhkan saat ini, komputer memiliki banyak arti dari berbagai sudut pandang. Fungsi tersebut tentu saja berbeda dari sudut pandang yang berbeda, memiliki efek positif dan ada juga efek negatifnya.

Berdasarkan ulasan tersebut, kali ini Lecturerspintar.com membagikan artikel tentang komputer diantaranya Pengertian Komputer Secara Umum, Pengertian Komputer Menurut Para Ahli, Kelebihan Komputer, Fitur Komputer, Jenis Komputer dan Komponen Komputer yang akan kami uraikan dibawah ini.

Definisi komputer
Definisi komputer

Pengertian komputer secara umum

Komputer adalah kumpulan perangkat elektronik yang saling berhubungan, termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, dan pengguna komputer yang memanipulasi atau bertugas mengolah data menjadi informasi sesuai dengan keinginan pengguna komputer dan melalui siklus input, pemrosesan, dan keluaran sistem.

Pengertian komputer menurut para ahli

Setelah memahami pengertian komputer secara umum, seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pengertian komputer berbeda dari sudut pandang yang berbeda, berikut adalah berbagai definisi komputer yang dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain.

Komputer adalah suatu sistem elektronik yang bertujuan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat, serta dirancang dalam bentuk yang terorganisir, dengan sistem yang berjalan secara otomatis sesuai dengan masukan, memprosesnya dan menghasilkan keluaran berdasarkan instruksi yang tersimpan pada media penyimpanan komputer. komputer telah disimpan.

Komputer adalah mesin penghitung yang memasukkan data dengan cepat dan akurat serta mampu menerima data masukan digital dan mengolahnya sesuai dengan peraturan dengan tujuan menghasilkan keluaran berupa informasi.

Komputer adalah perangkat elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas seperti B. menerima masukan, mengolah masukan dan menjalankan perintah serta menyimpan perintah dan menyajikan keluaran atau hasil.

Dalam benak mereka, komputer adalah alat serba guna yang dapat diprogram untuk menerima masukan atau data (fakta dan gambar) serta mengolah dan memanipulasi data sehingga menjadi informasi yang memiliki nilai manfaat.

Komputer adalah alat yang dapat mengolah data untuk melakukan perhitungan dengan kecepatan tinggi, yang dapat berupa perhitungan aritmatika atau operasi logika, semua dilakukan oleh mesin tanpa campur tangan manusia.

Manfaat Komputer

Perangkat komputasi ini tentunya memiliki banyak kelebihan, begitu diciptakan, sesuatu yang diciptakan tentu memiliki keunggulan tersendiri. Berikut dibawah ini adalah kelebihan komputer.

  1. Sebagai media yang memudahkan pekerjaan manusia
  2. Berguna untuk wadah mencari informasi
  3. fasilitas penunjang pendidikan
  4. Memfasilitasi komunikasi
  5. Biarkan diri Anda terhibur
  6. Sebagai sebuah bisnis
  7. Pengontrol pekerjaan, aktivitas, dan aktivitas.

fungsi komputer

Selain kelebihan yang sangat berbeda, komputer juga memiliki fungsi yang berbeda-beda, kami akan menjabarkan fungsi dari komputer ini sebagai berikut.

  1. memasukan data

Perangkat komputer memiliki kemampuan untuk menerima informasi dari berbagai sumber lain, yang disalin menjadi data komputer itu sendiri, dan data ini diterima oleh keyboard, mouse atau ditukar dengan perangkat lain.

  1. pengolahan data

Dan fungsi komputer selanjutnya adalah mengubah atau mengolah dan memanipulasi data sehingga menjadi informasi, informasi ini bisa berupa teks, gambar, video, suara dan lain sebagainya.

  1. data keluaran

Komputer berperan sebagai output atau penyajian hasil pengolahan data yang telah menjadi informasi, informasi ini dapat disajikan dalam bentuk digital maupun hard copy melalui monitor, printer, speaker dan lain-lain.

  1. penyimpanan data

Komputer memiliki media penyimpanan yang fungsinya untuk menyimpan setiap data, informasi atau instruksi yang ingin disimpan oleh pengguna komputer agar suatu saat nanti dapat digunakan kembali oleh pengguna tersebut. Media penyimpanan ini dapat berupa penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal.

  1. pergerakan data

Komputer berfungsi sebagai pembagi atau kemampuan untuk mentransfer data dari satu perangkat komputasi ke perangkat komputasi lainnya menggunakan perangkat output.

jenis komputer

Selain memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda dari perangkat komputasi, mereka juga memiliki jenis yang berbeda, berikut jenis komputer yang akan dibahas.

  1. Jenis Komputer Portable

Komputer jinjing ini merupakan jenis komputer yang dapat dibawa kemana-mana dan biasanya digunakan oleh pengguna komputer yang terbiasa melakukan penelitian dan kerja lapangan di tempat yang berpindah-pindah, sehingga komputer perlu dibawa kemana-mana. Komputer jenis ini jarang digunakan karena secara fisik lebih besar dari laptop.

  1. Jenis komputer desktop

Komputer ini sering digunakan oleh karyawan perusahaan seperti biasa, dengan CPU, monitor, dan keyboard yang disusun terpisah.

  1. Jenis komputer palmtop

Komputer jenis ini hampir sama dengan smartphone, komputer yang bisa digenggam namun jarang digunakan karena kalah dengan keberadaan smartphone.

  1. Jenis menara komputer

Komputer jenis ini memiliki ukuran fisik yang lebih besar dari komputer desktop, biasanya diletakkan di samping meja, dan dapat ditambah dengan perangkat pendukung lainnya karena memiliki slot ekspansi.

  1. Jenis komputer notebook

Notebook adalah jenis komputer yang lebih kecil dari laptop tetapi berbagi banyak fitur dengan laptop.

  1. Jenis manual (sub-notebook)

Jenis komputer ini merupakan varian notebook yang lebih kecil dengan prosesor dan spesifikasi rendah sehingga kurang diminati.

  1. Jenis Komputer Laptop

Laptop adalah sejenis komputer yang bisa dibawa kemana saja, berubah setiap waktu, yang membuat penggunaan laptop lebih fleksibel dan efisien, dengan laptop ini digunakan sangat luas bahkan sampai saat ini, lebih tepatnya, semua orang menggunakan laptop, untuk mendapatkan pekerjaan dan aktivitas selesai, komputer jenis ini efisien untuk digunakan karena memiliki CPU, monitor, dan keyboard dalam satu kesatuan.

bagian komputer

Selanjutnya kita akan membahas berbagai komponen komputer. Komponen komputer ini tentunya sangat penting karena dengan komponen-komponennya kita dapat mengoperasikan komputer sesuai dengan sistem kerjanya. Komponen komputer dijelaskan di bawah ini.

  1. komponen masukan

Komponen input merupakan kumpulan komponen perangkat keras yang memiliki kemampuan atau fungsi memberikan instruksi berbagai tugas yang akan dilakukan oleh komputer. Beberapa contoh komponen input adalah sebagai berikut.

    • Keyboard, input dalam bentuk alfanumerik dan interpretasi ASCII, simbol dan lain-lain.
    • Mouse dan trackpad sebagai alat yang dirancang untuk menghubungkan pengguna komputer ke layar.
    • Stylus bertindak sebagai pointer seperti mouse, tetapi hanya berlaku untuk monitor layar sentuh.
    • Pemindai, alat yang memindai dan menangkap kembali gambar yang dapat disimpan atau dicetak dari komputer pengguna.
    • Mikrofon adalah alat yang dapat digunakan untuk menginput atau merekam suara tertentu.
  1. komponen proses

Komponen proses adalah komponen yang tugasnya mengolah atau mengolah masukan agar dapat ditampilkan atau disajikan oleh komponen keluaran. Ada beberapa contoh perangkat atau komponen proses

    • Prosesor, merupakan komponen terpenting atau komponen yang paling penting dalam pengolahan data.
    • Motherboard, komponen yang bertugas menghubungkan berbagai perangkat komputasi agar berfungsi maksimal.
    • Hard drive, media penyimpanan permanen seperti operasi komputer.
    • RAM, media penyimpanan sementara.
  1. komponen awal

Komponen yang bertanggung jawab menampilkan berbagai jenis informasi yang diproses berdasarkan pesanan. Adapun beberapa komponen keluaran komputer antara lain

    • Monitor, perangkat keluaran yang menampilkan perintah yang dieksekusi atau dikeluarkan pengguna.
    • Printer, merupakan perangkat keluaran yang menampilkan hasil informasi dalam bentuk hard copy atau cetakan.
    • Loudspeaker, komponen keluaran yang bertanggung jawab atas keluaran berupa suara atau audio.

Itu, tentu saja, adalah artikel tentang pengertian komputer. Semoga bisa membantu anda semua, menambah ilmu dan menambah wawasan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button