Pendidikan

Pengertian Assessment – Fungsi, Jenis dan Tujuan

Definisi peringkat – Hallo rekan-rekan dosenspintar.com kembali lagi dengan penulis yang akan memahami artikel tentang mata kuliah penilaian, yang mana pada kesempatan kali ini pengertian penilaian secara umum, pengertian penilaian menurut para ahli, fungsi penilaian dan fungsi penilaian. tujuan penilaian akan dibahas dan jenis serta contoh penilaian secara lengkap di bawah ini.

Definisi peringkat
Definisi peringkat

Pengertian penilaian secara umum

Penilaian adalah penerapan atau penggunaan berbagai cara untuk memperoleh seperangkat informasi yang berbeda terkait dengan hasil proses pembelajaran dan pencapaian kompetensi siswa.

Pengertian evaluasi menurut pendapat ahli

Berikut pengertian evaluasi yang dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut

  • Menurut Lis

    Proses pengumpulan informasi untuk memperoleh profil psikologis anak dari segi gejala dan intensitasnya, hambatan yang dihadapi, kelebihan dan kekurangan, serta peran penting yang sangat dibutuhkan anak.

  • Menurut Eko Putro Widoyoko

    penilaian atau evaluasi adalah kegiatan menafsirkan data berupa hasil pengukuran berdasarkan kriteria atau kaidah tertentu.

  • Menurut Bomstein & Kazdin

    Identifikasi masalah dan pemilihan target intervensi, pemilihan dan desain program perawatan untuk mengukur efek dari perawatan yang didistribusikan secara terus menerus. Serta mengevaluasi hasil keseluruhan dan kecukupan terapi.

  • Menurut Nana Sudyana

    Evaluasi adalah proses pemberian nilai dan penentuan nilai pada objek tertentu berdasarkan kriteria tertentu.

  • Menurut Robert M Smith

    Penilaian yang cukup komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan apa dari hasil keputusan mereka dapat digunakan oleh layanan pendidikan yang benar-benar dibutuhkan anak sebagai dasar untuk mengembangkan rencana pembelajaran.

  • Menurut Sanders & Worthen

    penilaian adalah bentuk kegiatan mencari sesuatu yang bernilai dari sesuatu, mencari sesuatu, termasuk mencari informasi yang sangat berguna untuk menilai keberadaan program, proses, produksi dan alternatif strategi yang diusulkan untuk dicapai untuk dapat menetapkan tujuan.

fungsi peringkat

Fungsi scoring dibagi menjadi dua, sebagai berikut.

  1. fungsi kreatif

    Fungsi formatif yaitu penilaian berfungsi untuk memberikan feedback atau umpan balik bagi guru, yang dijadikan nilai inti dalam perbaikan dan pembenaran proses pembelajaran.

  2. fungsi penjumlahan

    Merupakan fungsi untuk menentukan nilai belajar siswa pada mata pelajaran yang diberikan agar nantinya dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat laporan dan menentukan kenaikan kelas dan juga untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa.

tujuan evaluasi

Tujuan evaluasi antara lain sebagai berikut.

  1. Temukan

Pramuka adalah kegiatan mencari, menemukan dan mengungkap kekurangan kesalahan atau kelemahan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga guru dapat mencari alternatif pemecahannya.

  1. tetap disini

Pelacakan berarti mengikuti dan melacak proses pembelajaran siswa yang yakin dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan.

  1. Menyimpulkan

Meringkas adalah berbagai cara untuk menyimpulkan tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang ditentukan. Hasil kesimpulan yang berbeda tersebut dapat digunakan oleh guru dalam membuat laporan dan kemajuan pembelajaran pada berbagai pihak yang berhubungan dan membutuhkan.

  1. Verifikasi

Check Up harus dapat mengecek pencapaian kemampuan siswa dalam berbagai proses pembelajaran dan kekurangan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Artinya, guru penting dalam melakukan penilaian untuk mengetahui bagian mana dari materi yang sudah dikuasai siswa dan juga bagian mana dari materi yang belum dikuasai.

Jenis dan contoh penilaian

Jenis-jenis contoh evaluasi ini dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

  1. menulis penilaian

Salah satu peringkat yang umum digunakan adalah tipe Menulis review atau disebut sebagai tinjauan tertulis. Tes yang digunakan untuk memperoleh penilaian tertulis ini terdiri dari menjawab berbagai soal yang telah disediakan. Tes tertulis ini tidak hanya terdiri dari jawaban, tetapi juga menggambar dan mewarnai.

  1. evaluasi kinerja

Semacam penilaian kinerja dengan nama lain evaluasi kinerja ini dapat digunakan untuk penilaian yang lebih mendalam, karena peserta tes muncul dan harus menerapkan pengetahuan yang diperolehnya. Dalam penilaian ini, peserta tes juga harus bisa tampil di depan asesor untuk mendemonstrasikan materi yang diberikan.

  1. Ulasan Portofolio

Penilaian portofolio adalah jenis penilaian pekerjaan yang dilakukan dengan mengumpulkan berkas-berkas selama belajar. Baik peserta tes maupun siswa dituntut untuk dapat meringkas tugas yang diberikan sebelumnya dalam sebuah folder atau bahkan sebuah wadah. Kelengkapan dan kebersihan tugas juga menentukan nilai evaluasi ini.

  1. penilaian proyek

Evaluasi proyek ini berupa berbagai tugas yang ditetapkan dan juga harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tugas ini dapat berbentuk proyek investigasi dimana siswa juga harus mampu mengolah, mengumpulkan dan mengevaluasi data. Proyek biasanya dievaluasi dalam kelompok.

  1. Ulasan produk

Jenis penilaian ini merupakan penilaian terhadap produk dan keterampilan yang dapat dilakukan oleh siswa dan peserta tes. Dalam penilaian ini, guru tidak hanya menilai produk yang dibuat, tetapi juga menilai pengaturan selama proses pembuatan produk.

  1. penilaian diri

Penilaian diri atau lebih dikenal penilaian diri Ini adalah sistem evaluasi yang dilakukan oleh siswa dan guru dengan cara khusus. Biasanya guru melakukan penilaian ini untuk tujuan yang berbeda dengan pengelolaan kegiatan pembelajaran. Evaluasi jenis ini berupa kritik dan saran untuk perbaikan pembelajaran.

Oleh karena itu penulis berharap semoga artikel tentang pengertian review dapat membawa berbagai manfaat bagi sahabat dengan membagikan artikel ini.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button