Pendidikan

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila

Arti Lambang Garuda Pancasila – Hallo sahabat Lecturerspintar.com yang setia, Kembali lagi kepada saya dan kali ini saya ingin membahas artikel tentang arti lengkap lambang burung garuda pancasila dan artinya. Yuk simak artikel dibawah ini.

Arti Lambang Pancasila

Pahami Pancasila

Tentunya sebagai orang Indonesia kita pasti tahu tentang pancasila, bahkan jika teman-teman sendiri sudah sangat mengetahui arti dari pancasila. Lalu apa pengertian atau definisi dari Pancasila? Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan dasar dari seluruh keputusan bangsa Indonesia dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri.

Kata pancasila secara etimologis berasal dari bahasa Sanskerta India, yang mengacu pada kasta Brahmana. Dimana kata “panca” memiliki arti lima, sedangkan kata “sila” berarti alas. Jadi arti harfiah dari kata pancasila adalah lima dasar yang kemudian dibuat untuk setiap lambang pancasila yang jumlahnya 5.

Arti Lambang Garuda Pancasila dan Penjelasannya

Sebagai ideologi dan dasar negara, Pancasila memiliki simbol yang memiliki arti tersendiri. Seperti yang saya sebutkan di atas, Pancasila memiliki 5 lambang, dengan lambang Pancasila berada pada perisai di dada Burung Garuda. Setiap resep Pancasila diwakili oleh simbol:

  1. bintang
  2. Rantai
  3. pohon beringin
  4. kepala banteng
  5. padi dan kapas

Arti tameng/perisai

Kelima lambang pancasila tersebut dikandung oleh tameng/tameng yang terletak di dada burung garuda. Arti tameng ini sendiri adalah tameng yang sudah lama dikenal masyarakat dan budaya nusantara sebagai senjata yang melambangkan perlindungan, pertahanan dan pertahanan diri untuk mencapai tujuan.

bintang 1

pancasila-sila-ke 1

Yang pertama adalah simbol bintang. Terletak di tengah, simbol ini memiliki lima sudut yang melambangkan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol bintang itu sendiri melambangkan cahaya yang terpancar dari Tuhan kepada setiap manusia. Selain itu, lambang bintang juga dimaknai sebagai cahaya untuk menerangi dasar negara, ciri negara, dan tujuan negara, yang semuanya tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Sedangkan latar berwarna hitam menunjukkan warna alam dan mengandung makna bahwa Allah SWT. kasih karunia adalah sumber dari segala sesuatu.

rantai ke-2

pancasila-sila-bis 2

Yang kedua adalah simbol rantai. Terletak di kanan bawah, simbol ini melambangkan sila kedua Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Bentuknya persegi panjang dan bulat, keduanya saling berhubungan, dengan rantai persegi panjang melambangkan laki-laki sedangkan lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai dalam mata rantai digambarkan sebagai terikat, artinya semua manusia, baik laki-laki maupun perempuan, saling membutuhkan dan harus bersatu untuk menjadi kuat seperti sebuah rantai.

3. Pohon Beringin

pancasila-sila-sampai 3

Berikutnya adalah simbol Pohon Beringin. Ikon ini berada di atas ikon rantai atau di pojok kanan atas. Simbol yang mewakili perintah ketiga didefinisikan sebagai pohon besar yang di bawahnya banyak orang dapat berlindung. Ini mewakili negara Indonesia yang merupakan surga bagi seluruh rakyat Indonesia. Tak hanya itu, sulur dan akar pohon beringin itu menyebar ke segala arah. Hal ini merepresentasikan keragaman suku bangsa yang bersatu di Indonesia.

4. Taurus

pancasila-sila-sampai 4

Simbol keempat adalah kepala banteng. Terletak di sudut kiri atas, simbol ini melambangkan sila keempat Pancasila, yaitu demokrasi yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Seperti banteng yang disebut sebagai hewan sosial, simbol ini menandakan bahwa orang suka berkumpul untuk konsultasi di mana orang perlu berkumpul untuk membahas sesuatu.

5. Padi dan Kapas

pancasila-sila-sampai 5

Terakhir, simbolnya adalah beras dan kapas. Lambang ini terletak di bawah lambang kepala banteng atau kiri bawah yang melambangkan sila kelima Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Padi dan kapas pada dasarnya merupakan kebutuhan pokok dan pokok setiap manusia, yaitu pangan dan sandang, sebagai syarat utama untuk memperoleh kekayaan. Tentu saja, simbol beras dan kapas sangat selaras dengan tujuan utama dari perintah kelima.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pentingnya dan makna lambang burung Garuda Pancasila. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button