Pendidikan

Contoh Norma Kesusilaan | dosenpintar.com

Contoh standar kesopanan – Halo semuanya yang selalu setia membaca artikel dari lecturespintar.com, kali ini penulis akan membagikan artikel lainnya, kali ini dengan contoh norma tata krama. Nah buat kalian yang penasaran bisa lihat di bawah ini.

Contoh standar kesopanan
Contoh standar kesopanan

Definisi standar kesopanan

Norma kesopanan adalah aturan sosial yang di dalamnya kita mengatur perilaku orang pada umumnya, yang bersumber dari hati nurani manusia dan diri mereka sendiri.

Norma kesopanan tidak menyiratkan sanksi yang berat, yang merupakan norma hukum. Namun demikian, bagi yang melanggar norma kesusilaan tetap dikenakan sanksi yang bersifat individual, seperti: B. Malu.

Nah, norma kesopanan itu sendiri terdiri dari dua kata, antara lain:

  1. Standar; untuk dapat mengatur aturan atau kebijakan
  2. kesopanan; suatu sikap atau aturan hidup

Tujuan standar kesopanan

Merujuk pada pengertian norma kesusilaan, maksud dari norma tersebut adalah agar setiap individu memiliki nilai-nilai kemanusiaan dan kesusilaan yang baik sehingga dapat terjadi kerukunan, ikatan hubungan antar manusia yang dapat segera terwujud.

Manfaat norma kesusilaan

Kegunaannya adalah untuk membantu seseorang membedakan antara hal yang buruk dan hal yang baik.

Tidak hanya itu, norma kesusilaan menjadi pedoman bagi manusia untuk bersikap dan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Ciri-ciri norma kesusilaan

Berikut ciri-ciri norma kesusilaan:

Lokal

Norma kesusilaan ini memiliki sifat lokal atau nonuniversal yang sama dengan norma agama. Setiap daerah dan masyarakatnya memiliki standar kesopanan masing-masing. Apalagi di Indonesia yang terkenal dengan akhlaknya yang tinggi, tidak enak jika kita membentak orang tua.

Hati nurani

Norma kesusilaan ini juga bersumber pada hati nurani yaitu manusia itu sendiri. Terkadang hati nurani ditaklukkan oleh kepentingan yang berbeda. Sehingga hati nurani dapat diperhitungkan dalam eksekusi.

Tidak selamanya

Norma kesusilaan tidak bersifat abadi dan tidak universal karena norma tersebut bergantung pada ruang dan waktu. Selain sifatnya yang berbeda di setiap daerah, juga memiliki pengaruh yang besar dari waktu ke waktu.

malu

Rasa malu adalah sanksi tersendiri dan dalam masyarakat ketika norma kesusilaan dilanggar.

Sayang sekali πŸ’¦

Penyesalan adalah sanksi yang bisa dirasakan pelaku. Beberapa orang lain mungkin tidak tahu jika mereka telah melanggar norma kesusilaan.

Contoh standar kesopanan

Di bawah ini adalah berbagai contoh standar kesusilaan, antara lain:

Selalu jujur

Dengan selalu jujur, orang-orang di sekitar kita secara alami akan semakin mempercayai kita.

ringan dalam permintaan maaf

Meminta maaf dengan berani bukan berarti kita salah, apalagi saat kita salah, tentu tidak ada salahnya kita meminta maaf atas kesalahan yang pernah kita perbuat.

Berpakaianlah sesuai keadaan

Berpakaian sopan dan Anda harus selalu beradaptasi dengan tempat. Dengan begitu kita bisa dihargai dan dihargai.

Hargai & hormati

Norma kesopanan ini menyatakan bahwa kita harus saling menghormati dan menghormati, selain itu kita juga harus selalu menghormati orang yang lebih tua.

berbicara hal-hal yang baik

Berbicara mungkin dianggap remeh, namun sangat berpengaruh ketika menunjukkan kualitas diri, karena disini kita tidak hanya bisa berbicara, tapi juga membahas kualitas dari apa yang kita bicarakan.

Jangan mengambil hak orang lain

Tak perlu dikatakan bahwa kita dilarang keras untuk mengambil alih hak orang lain. Seperti pencurian, korupsi karena bertentangan dengan norma yang dapat berdampak negatif pada citra pribadi kita.

Terimakasih banyak

Begitu pula dengan permintaan maaf, yang sangat erat kaitannya dengan rasa syukur. Karena dengan mengucapkan terima kasih, kami menunjukkan penghargaan kami kepada orang-orang yang membantu kami atau ada hubungannya dengan itu.

Saling membantu

Tolong bantu juga dalam kehidupan sosial, karena dengan bantuan itu menjadi lebih mudah dan persahabatan dapat berkembang di antara orang-orang.

Jangan mencuri

Tidak mencuri merupakan bagian dari norma kesusilaan, norma agama dan juga norma hukum.

Tidak memfitnah

Fitnah adalah kebalikan dari kejujuran, tidak diperbolehkan atas dasar hati nurani dan sebagai norma moral.

Bukan perzinahan

Perzinahan adalah perlakuan yang ditolak terhadap hati nurani, yang juga sesuai dengan sejumlah norma agama. Semua agama memiliki aturan yang sama dalam hal ini.

sanksi standar kesusilaan

Dalam diri setiap manusia pastilah terdapat β€œbisikan hati” yang menuntunnya untuk bertindak sesuai dengan norma kesusilaan dengan cara yang baik. Namun kebanyakan orang akan mengabaikannya dan malah melakukan berbagai hal yang dianggap melanggar norma kesusilaan tersebut.

Jika seseorang telah melakukan pelanggaran, maka orang tersebut akan segera dikenai sanksi atas kemauannya sendiri dan hukum akan bertindak.

Macam-macam bentuk sanksi norma kesusilaan adalah sebagai berikut:

  1. perasaan malu.
  2. perasaan menyesal.
  3. pengucilan dari masyarakat.
  4. Bahkan mungkin dipenjara.

Oleh karena itu artikel yang membahas contoh standar kesopanan. Semoga dapat memberikan wawasan baru dan manfaat yang baik bagi Anda semua. Itu saja yang penulis bagikan tentang artikel ini. Kita akan bertemu lagi di lain kesempatan.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button