Umum

Bunga Shopee PayLater Untuk Cicilan 1, 2, 3, 6, dan 12 Bulan

Shopee PayLater menawarkan kemudahan cicilan dengan bunga relatif rendah. Bunga dibebankan untuk setiap transaksi menggunakan Shopee PayLater dengan jangka waktu cicilan mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan maksimal 12 bulan.

Agar bisa bertransaksi menggunakan Shopee PayLater, anda harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan tersebut. Cara mengaktifkannya cukup mudah, namun tidak semua pengguna Shopee bisa mengaktifkan fasilitas pinjaman tanpa kartu ini.

Ada beberapa syarat agar bisa mengaktifkan Shopee PayLater. Untuk mengetahuinya silahkan simak pada artikel berikut “Syarat dan Cara Mengaktifkan Shopee PayLater“. Jika sudah aktif, maka barulah bisa digunakan untuk bertransaksi.

Transaksi menggunakan Shopee PayLater juga sangat mudah. Anda cukup mencari barang yang diinginkan, lalu pada saat checkout tinggal mengatur metode pembayaran menjadi Shopee PayLater.

Setelah mengatur metode pembayaran, kemudian tinggal Buat Pesanan dan masukan PIN ShopeePay. Kemudian transaksi akan diproses dan limit kredit akan dipotong berdasarkan nilai transaksi.

Pengguna Shopee PayLater bisa memilih jangka waktu cicilan pada saat melakukan pembayaran menggunakan Shopee PayLater. Selain itu akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1% dari nilai transaksi. Lalu bagaimana dengan masalah bunga?

Bunga Shopee PayLater

Bunga Cicilan Shopee PayLater

Setiap pembayaran menggunakan Shopee PayLater akan dikenakan bunga sekecil-kecilnya sebesar 2.95% per bulan. Bunga tersebut berlaku untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang pembayarannya diselesaikan dalam waktu 1 bulan serta program cicilan yang diselesaikan dalam waktu 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Bunga SPayLater tidak berbeda jauh dengan metode cicilan tanpa kartu lainnya. Shopee sendiri memiliki beberapa metode cicilan yang bisa dipilih para penggunanya. Untuk mengetahui apa saja metodenya, silahkan simak artike “Cara Cicilan di Shopee“.

Apabila menginginkan cicilan tanpa bunga, pengguna Shopee harus menggunakan kartu kredit. Namun sayangnya tidak semua orang bisa membuat kartu kredit sehingga lebih baik memilih metode cicilan tanpa kartu yang disediakan Shopee.

Meskipun harus membayar bunga, namun pengguna Shopee bisa dengan mudah membeli barang menggunakan Shopee PayLater. Terlebih Shopee memberikan limit kredit mencapai Rp. 6 Juta yang bisa digunakan untuk membeli barang elektronik, handphone, gadget, beragam produk lainnya.

Limit kredit yang didapatkan setiap pengguna Shopee PayLater berbeda-beda. Limit tersebut bisa bertambah secara otomatis apabila sering bertransaksi menggunakan Shopee PayLater dan tidak ada keterlabatan pembayaran cicilan.

Bunga Cicilan Shopee PayLater Jika Telat Bayar

Cara Aktifkan Shopee PayLater Tidak Muncul

Pengguna Shopee PayLater wajib membayar cicilan sebelum tanggal jatul tempol. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran maka akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.

Selain denda, pengguna Shopee PayLater tetap harus membayar bunga sekecil-kecilnya 2.95% perbulan. Alhasil jumlah yang harus dibayarkan akan sangat besar.

Agar tidak mendapatkan denda, anda harus membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo yang jatuh pada tanggal 5 atau 11 setiap bulannya.

Jangan sekali-kali nekat tidak membayar tagihan. Resikonya adalah bunga yang semakin menumpuk dan denda yang semakin besar. Namun yang paling parah adalah tercatat di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

SLIK OJK sama saja dengan BI Checking. Itu artinya nama akan akan di blacklist. Jika hal tersebut terjadi maka anda akan mendapatkan kesulitan saat mengajukan pembiayaan di Bank maupun platform pinjaman lainnnya.

Kesimpulan

Sebelum mengaktifkan dan menggunakan Shopee PayLater, silahkan pahami terlebih dahulu terkait masalah bunga dan denda. Pastikan anda sudah siap menanggung semua resiko jika menggunakan SPayLater untuk bertransaksi.

Pada dasarnya bunga cicilan Shopee PayLater sebesar 2.95% tergolong cukup kecil dan sebanding dengan kemudahan bertransaksi menggunakan layanan tersebut. Terlebih Shopee PayLater bisa digunakan untuk membeli beragam jenis barang dan produk yang tersedia di Shopee.

FAQ

Yang paling penting jangan sampai tepat membayar tagihan karena bisa berakibat fatal. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

  1. Apakah Shopee PayLater Ada Bunga?

    Yah, setiap transaksi menggunakan Shopee PayLater akan dikenakan bunga.

  2. Berapa Bunga Shopee PayLater?

    Bunga sekecil-kecilnya sebesar 2.95% per bulan

  3. Bagaimana Jika Telat Bayar Shopee PayLater?

    Jika telat membayar maka akan dikenakan bunga sebesar 5% dari total tagihan

  4. Apakah Shopee PayLater Masuk BI Checking?

    Yah, benar sekali. Namun saat ini BI Checking sudah diganti menjadi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

  5. Apakah Semua Program Cicilan Bunganya Sama?

    Sama, bunga ShopeePayLater berlaku untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang dibayar pada bulan berikutnya serta program cicilan 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

  6. Bagaimana Cara Menghitung Bunga Cicilan Shopee PayLater?

    Cara menghitungnya sangat mudah, anda hanya perlu membagi total tagihan sesuai jangka waktu cicilan, kemudian tagihan perbulan dikalian bunga sebesar 2.95%, lalu tambahkan dengan nilai tagihan per bulan.

Nah demikianlah informasi cicilan.id mengenai bunga Shopee PayLater beserta denda jika mengalami keterlambatan pembayaran. Cukup sekian informasi yang kami lansir dari help.shopee.co.id, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang tertarik menggunakan program cicilan tersebut.

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button