Pendidikan

Arti Afwan – Jawaban, Penggunaan, dan Penjelasannya

Arti Afwan – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah kali ini Lecturerspintar.com akan berbagi ilmu tentang arti Afwan, mungkin banyak orang yang pernah mendengar pepatah atau kalimat ini, tapi ada juga pembaca yang mungkin belum mengetahui dan memahami kalimat ini, ok kan nah, kita simak pembahasannya di bawah ini.

Arti Afwan

Arti dari Afwan (عفوا)

Afwan (dalam tulisan Arab: baik )

Artinya: maaf

Kata-kata Afwan (عفوا) memiliki arti yaitu salah satu ungkapan atau kata-kata doa. Afwan dalam arti sebenarnya atau harafiah adalah “ pengampunan ” Mengatakan Afwan juga digunakan untuk menanggapi Syukronyang berarti aku benar-benar menyesal.

Kata ini sering digunakan oleh orang Arab karena sebenarnya bahasa Arab dan sudah dikenal dan banyak digunakan oleh orang Indonesia pada umumnya.

Kata Afwan adalah, Kami meminta maaftapi bukan berarti maaf saja, karena bahasa arab memiliki banyak arti dalam satu kalimat.

Mungkin Anda pernah mendengar teman Anda mengucapkan kata “Afwan”, dan ketika kita mengucapkan terima kasih dalam bahasa Arab: “Syukron”, kita sering melihat bagaimana lawan bicara kita memberikan jawaban “Afwan”? Bukankah itu berarti permintaan maaf dari Afwan? Jadi kenapa agak bingung ya, mari kita lihat bahasanya

Contoh:

  • AfwanSaya terlambat bekerja
  • AfwanSaya benar-benar lupa sekali
  • AfwanSaya tiba-tiba tidak bisa datang ke pertemuan itu

Namun kita juga harus memperhatikan arti istilah afwan menurut definisi yang ada,

Kalaupun maknanya secara harfiah maaf tetapi dalam penggunaan kata afwan hal tersebut adalah kata yang sama atau dapat diartikan dengan cara mengundang.

Maka jangan heran jika kita mengucapkan kalimat Syukron (terima kasih) lalu membalas Afwan.

Afwan secara harfiah berarti maaf, namun penggunaan afwan juga dapat digunakan untuk menanggapi frasa syukron, sehingga makna frasa tersebut dapat diartikan sama.

Kesimpulan

“Afwan yang tepat adalah” pengampunan “. Namun dalam pemakaiannya, “Afwan” sering digunakan sebagai jawaban atas “Terima kasih” (Arab: Syukron), sehingga dimaknai sama.

Afwan artinya dalam bahasa Arab

Wan Afwan dalam bahasa Arab (عفوا) / al afwu (العفو), yang merupakan mashdar (kata dasar/makna tidak tergantung waktu dan waktu) dari fi’il (kata kerja) ‘afaa (عفا), ya’fu (يعفو).

Lisanul Arab (15/72) menyatakan:arti afwan dalam bahasa arab

Al-afwu merasa bahwa dia memaafkan kesalahan atau dosa dan membatalkan hukuman bagi mereka.

Al Khaliil berkata:

Bagi mereka yang (harus) berhak dihukum tetapi kamu membebaskannya, berarti kamu telah memaafkannya.

Terkadang seseorang memaafkan dengan membebaskan. Hanya untuk mereka yang pantas mendapatkannya. “(Maqabisul Lughah, 4/56)

Penggunaan dan respons Afwan

Berikut ini penggunaan kata Afwan dalam kalimat dan cara menanggapi kata “Afwan” beserta penjelasan lainnya:

Contoh kalimat dan penggunaan kata “Afwan:

Joko: Afwan (maaf), saya terlambat karena ada sedikit masalah dalam perjalanan ke sini.

Reza: Shukron, selama ini kamu membantuku menyelesaikan masalah yang baru saja terjadi.

Joko: Afwan saudaraku.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, afwan berarti penyesalan, namun jika kita pahami lebih tepat sebenarnya dari kata afwan pada kalimat di atas kita diajarkan akhlak dan kerendahan hati.

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi orang Arab ketika seseorang mengucapkan Syukran biasanya mereka membalas dengan kalimat “Afwan”.

Kenapa ini? Karena mereka merasa perlu meminta maaf meskipun mereka membantu atau melakukan perbuatan baik lainnya.

Bahkan, mereka percaya seharusnya bisa memberikan dukungan lebih jika yang dilakukan hanya sebatas itu.

Karena itu, mereka merasa perlu mengucapkan kata “Afwan” saat ada yang mengucapkan terima kasih.

Demikian penjabaran materi dari segi makna Afwan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan anda dapat menjadi referensi anda untuk memahami arti dari ungkapan tersebut. Jangan lupa baca artikel lainnya dan nantikan artikel selanjutnya.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button