Umum

7 Cara Mengetahui KPR Disetujui atau Tidak

Bagi Anda yang penasaran dengan pengajuan KPR Anda disetujui atau tidak, silahkan baca di bawah ini cara mengetahui KPR yang disetujui. Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang diinginkan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Namun membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga sebagian besar masyarakat mengajukan KPR sebagai salah satu cara alternatif untuk membeli rumah. Meski begitu, ada banyak proses yang perlu Anda lalui saat mengajukan KPR.

Proses pengajuan KPR yaitu dimulai dengan memilih bank yang menawarkan KPR, mengisi dokumen, melakukan wawancara dan lain sebagainya. Setelah melalui proses tersebut, Anda tinggal menunggu rekening bank untuk KPR yang Anda ajukan.

Pengajuan KPR dengan masing-masing bank bisa berbeda. Sebagai Persyaratan KPR BNI Griya yang juga memiliki persyaratan yang berbeda dengan bank KPT lainnya.

Namun, tidak sedikit calon pembeli yang merasa khawatir dengan pengajuan KPR yang mereka buat, apakah pengajuan tersebut akan diterima atau ditolak. Untuk mengetahui apakah pengajuan KPR sudah disetujui atau belum, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana cara mengetahui apakah hipotek telah disetujuiAda beberapa cara untuk mengetahui hipotek mana yang telah disetujui. Cara-cara tersebut dapat dijadikan patokan, meskipun setiap bank yang menawarkan KPR memiliki waktu tertentu untuk memproses persetujuan KPR.

Caranya melalui respon dari pihak bank kepada Anda dan bisa juga melalui aplikasi. Untuk lebih jelas silahkan lihat FDOKU.COM bagaimana menemukan hipotek disetujui berikut.

1. Selama wawancara, perhatikan reaksi bank

Setelah memberikan berkas pengajuan KPR, Anda akan berhadapan langsung dengan pihak bank untuk wawancara. Nanti saat proses wawancara, pihak bank akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi kembali berkas yang Anda kirimkan sebelumnya.

Pertanyaan-pertanyaan ini berkisar dari hutang dagang, status pekerjaan, penggajian, kewajiban pembayaran, hingga rumah apa yang akan dibeli. Jadi perhatikan reaksi bank selama wawancara. Jika bank yakin dengan jawaban Anda, Anda dapat yakin bahwa aplikasi hipotek Anda akan disetujui.

2. Bank menghubungi lebih cepat dari waktu yang ditentukan

Saat wawancara selesai, yang harus Anda lakukan hanyalah menunggu konfirmasi, yang bisa memakan waktu 14 hari kerja. Jika semuanya berjalan lancar, Anda akan dihubungi oleh bank lebih awal dari waktu yang ditentukan.

Hal ini memberikan ketenangan pikiran bahwa pengajuan KPR Anda akan disetujui oleh bank, karena nantinya Anda akan diminta untuk mendapatkan SP3K (Surat Konfirmasi Persetujuan Kredit). Namun, jika Anda belum dihubungi pihak bank, jangan khawatir dulu karena masing-masing bank membuat keputusan yang berbeda.

3. Melalui aplikasi Status Pengajuan KPR

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah KPR disetujui atau tidak. Anda juga dapat melihat status aplikasi dengan sangat mudah, cukup dengan memasukkan nomor referensi aplikasi KPR dan tanggal lahir Anda.

Setelah masuk, cukup pilih “Check My Mortgage Status” dan tunggu hasilnya muncul di aplikasi. Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan di bank tertentu seperti BCA dan tidak banyak bank lain yang menawarkan layanan ini.

4. Melalui rekening giro

Cara terakhir adalah melalui rekening giro untuk mengetahui apakah KPR sudah disetujui atau belum. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang mengajukan KPR.
Jika terjadi pemindahbukuan dari rekening giro, berarti KPR bersubsidi yang Anda ajukan sudah dibayarkan oleh pemerintah kepada developer. Ini adalah tanda bahwa pengajuan KPR Anda telah disetujui oleh pihak bank, meskipun tidak ada pesan dari pihak bank tempat Anda mengajukan KPR tersebut.

Berikut cara mengetahui KPR disetujui atau tidak yang bisa Anda coba. Agar pengajuan KPR Anda disetujui, ada tips yang bisa Anda coba seperti penjelasan di bawah ini.

Tips untuk menerima aplikasi hipotek

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan hipotek yang Anda ajukan untuk diterima oleh bank. Lalu seperti apa tips ini? Harap perhatikan pernyataan berikut.

  1. Pastikan nama Anda bersih dan tidak ada masalah dalam catatan pemeriksaan BI.
  2. Lengkapi semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan hipotek.
  3. Pilih rumah sesuai dengan keahlian Anda.
  4. Memiliki situasi keuangan yang sehat dan alokasi dana yang teratur.
  5. Saat wawancara, jawablah dengan jujur ​​dan tegas agar bank yakin dengan jawaban Anda.
  6. Cobalah untuk memilih bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  7. Pilih developer yang sudah legal dan terpercaya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat yakin bahwa aplikasi KPR Anda akan disetujui dan Anda bisa mendapatkan rumah impian Anda.

Kata terakhir

Ini adalah gambaran umum tentang cara mengetahui apakah KPR disetujui yang dapat Anda coba. Jika Anda tahu caranya, Anda tidak perlu khawatir menunggu hasil disetujui atau tidaknya KPR yang Anda ajukan.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti tips di atas agar pengajuan KPR Anda disetujui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, lho Cara menghubungi CS Akulaku tanpa pulsa pada informasi sebelumnya.

Mantan mahasiswa jurusan Ekonomi Islam di universitas ternama di Indonesia yang kini bekerja sebagai penulis di cicilan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button