Pendidikan

√ Pengertian Jasa, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh Jasa

Hi-hi-hi jumpa lagi dengan penulis keren yang riuh ini, semuanya sobat Lecturerspintar.com semuanya. Jika kemarin Anda bertanya-tanya tentang pentingnya jasa, jasa apa saja yang bisa kami jual, lalu seperti apa ciri-cirinya. Langsung aja yahhh simak surat berikut ini.

Jadi, sebelum saya menjawab semua pertanyaan Anda (saya masih memutuskan pertanyaan mana yang harus dijawab), ada baiknya Anda meninjau daftar isi berikut untuk membantu Anda lebih memahami apa itu layanan.

Definisi layanan berdasarkan pendapat ahli

Definisi Layanan

Sebenarnya jenis layanannya banyak, sob cerdas semua. Kalau menurut kamus besar (Bahasa Indonesia) pelayanan adalah perbuatan baik, bisa dikatakan juga bermanfaat. artinya perbuatan baik yang berkaitan dengan penilaian seseorang atau seseorang, bisa juga negara atau lembaga tertentu.

Kemudian menurut Wikipedia, jasa diartikan sebagai jasa dalam ilmu ekonomi, tetapi jasa ekonomi melibatkan beberapa interaksi atau hubungan dengan konsumen, atau bisa juga berupa barang yang dimiliki tetapi sekaligus tidak dimiliki secara langsung. Jelas apa jelas?? hmmmmm, kalau masih kurang jelas, coba pahami pengertian service menurut para ahli di bawah ini. Tetaplah disini..

Definisi layanan berdasarkan pendapat ahli

  • Ratih Huriyyati

    Ratih mendefinisikan jasa sebagai setiap kegiatan ekonomi dengan sistem keluaran selain produk literal dalam arti fisik, yang dikonsumsi dan diproduksi secara bersamaan, yang memberikan nilai tambah dan juga, pada prinsipnya, tidak material bagi pembeli jasa tersebut.

  • Andy Payne

    Lain dengan Payne, Payne berpendapat bahwa jasa adalah kegiatan ekonomi yang memiliki seperangkat elemen, dalam hal ini tidak berwujud atau manfaat terkait, yang juga melibatkan serangkaian interaksi dengan konsumen atau dengan properti, tetapi tentu saja tidak menghasilkan satu transfer kepemilikan. . Kondisi dapat berubah dan produksi suatu jasa mungkin terkait atau tidak terkait dengan produk fisik.

  • Christian Gronross

    Nah, menurut Gronross sendiri, jasa diartikan sebagai suatu proses yang di dalamnya terdapat sekumpulan aktivitas yang tidak berwujud, proses ini biasanya terjadi dalam interaksi antara pelanggan dan pekerja jasa, atau juga dalam bentuk sumber daya fisik atau barang dan jasa. /atau Sistem yang disediakan oleh penyedia layanan sebagai solusi untuk memecahkan masalah pelanggan.

Nah, saya yakin Anda sudah jauh lebih mengerti sekarang… untuk membantu Anda lebih memahami lagi, mari kita lihat apa saja yang bisa dianggap sebagai layanan.

fungsi layanan

  • Tidak penting

    Ciri pertama dari jasa adalah tidak berwujud, maka disini dapat dikatakan bahwa jasa bersifat abstrak yang artinya jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dirasa atau bahkan diraba seperti barang yang wujudnya dapat dirasakan secara langsung. Jadi jangan berharap untuk jatuh cinta dengan layanannya juga, ya?

  • heterogonitas

    Kedua layanan tersebut harus heterogen, karena apa? karena pelayanan berupa kinerja, disini tidak ada hasil pelayanan, yang hasilnya sama walaupun dilakukan oleh satu orang saja. Ya, tentu saja.

  • Tidak terlepas

    Ketiga, jasa biasanya diproduksi dan dikonsumsi (tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi) secara bersamaan, dengan melibatkan konsumen dalam proses jasa. Artinya konsumen harus berada di daerah dimana jasa diminta agar konsumen dapat melihat dan berpartisipasi dalam proses produksi.

  • Tidak terlalu tahan lama

    Sekarang layanan terakhir juga tidak dapat disimpan dalam inventaris. Artinya, layanan tersebut tidak dapat disimpan dan dijual kembali kepada orang lain, artinya layanan tidak dapat dikembalikan ke penyedia layanan setelah konsumen membeli layanan. Berdasarkan keempat karakteristik tersebut, dapat dikatakan bahwa jasa memiliki karakteristik yang tidak permanen.

Nah, jika kumpulan frasa di atas adalah ciri-ciri layanan, di bawah ini saya akan mengulas jenis layanan apa saja yang ada dan apa saja contoh nyatanya.

Jenis dan Contoh Layanan

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, saya telah merangkum sepuluh jenis pahala yang saya terima dari berbagai sumber. Berikut ulasannya:

bisnis rumah tangga

  • Jenis jasa ini terdiri dari banyak hal yang ada dalam rumah tangga, misalnya pemeliharaan dan perbaikan rumah, pemeliharaan atau perbaikan taman, kemudian air minum, pembersihan rumah, perbaikan peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

ruang tamu

  • Untuk layanan perumahan, ini termasuk menyewa motel atau kamar hotel (akomodasi) atau dapat berupa homestay, apartemen, wisma, dll.

hiburan atau rekreasi

  • Jenis pelayanan ini meliputi beberapa bentuk persewaan peralatan tempat hiburan umum, atau bahkan persewaan tempat itu sendiri untuk penyelenggaraan kegiatan hiburan.

Kebersihan pribadi

  • Nah, untuk jenis layanan tersebut bisa berupa perawatan kecantikan, pijat, terapi, salon, dll.

Kesehatan

  • Jenis layanan kesehatan ini adalah layanan penting, mis. B. Perawatan rumah sakit, persalinan oleh bidan, layanan kebugaran jasmani, dll.

bisnis

  • Dalam hal layanan bisnis, ini dapat berupa konsultan, akuntan, pengacara, dll.

komunikasi

  • Sebenarnya jasa komunikasi tidak jauh berbeda dengan bisnis, karena komunikasi sebenarnya sangat erat kaitannya dengan bisnis, misalnya warnet, wartel, jasa pengiriman faks dan lain sebagainya.

mengangkut

  • Jika hal tersebut masih sangat dibutuhkan saat ini, misalnya taksi, taksi online, angkutan umum berupa angkutan desa atau kota, bus, travel, dll.

layanan keuangan

  • Anda akan langsung menebak apa itu, misalnya sewa mobil, layanan penghitungan pajak, pinjaman koperasi, pinjaman bank, dll.

Pelatihan

  • Terakhir, pendidikan, contoh jasa pendidikan jenis ini bisa berupa les, tutor privat, tutor, dll.

Oleh karena itu artikel yang menjelaskan definisi layanan. Semoga artikel yang kami tulis diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button