Pendidikan

√ Pengertian Data : Jenis, Fungsi, Contoh

Definisi data – Hallo para dosen, kesempatan kali ini membahas tentang pentingnya data, jenis, metode dan fungsi data. Secara umum, data adalah kumpulan informasi atau informasi. Nah, untuk penjelasan datanya lebih lengkap mari kita bahas di bawah ini.

Definisi data

Pengertian data adalah

Apa yang kita maksud dengan data? Secara umum, istilah data adalah kumpulan informasi atau fakta mentah, berupa lambang, angka, kata, atau gambar, yang diperoleh melalui proses pengamatan atau penelitian dari sumber-sumber tertentu.

Secara etomologis, istilah tanggal berasal dari kata Latin datum, yang berarti informasi yang diperoleh dari pengamatan. Data terkait etomologi adalah hasil pengukuran atau pengamatan terhadap suatu variabel, yang bentuknya dapat berupa simbol, warna, kata, angka, atau gambar.

Pengertian data menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu data, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

  • Arikunto Suharsimi

    Menurut Arikunto Suharsimi, pengertian data adalah sekumpulan fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk merangkai informasi.

  • Nuzulla Agustina

    Menurut Nuzulla Agustina, data adalah informasi tentang sesuatu yang sering terjadi, berupa sekumpulan fakta, angka, tabel grafik, gambar, simbol, kata, huruf yang mengungkapkan pikiran, objek dan keadaan serta situasi.

  • Kuswadi dan E.Mutiara

    Menurut Kuswadi dan E. Mutiara, pengertian data adalah kumpulan informasi yang dihasilkan dari suatu pengamatan dan dapat berupa angka, simbol, atau sifat.

  • Selamat Riyadi

    Menurutnya, pengertian data adalah kumpulan informasi yang diperoleh berdasarkan pengamatan, dimana data dapat berupa angka atau simbol.

  • Kristanto

    Menurut Kristanto, pengertian tanggal adalah fakta mentah tentang benda yang dapat mengurangi tingkat ketidakpastian tentang keadaan dan peristiwa.

tipe data

Jenis data dapat dikelompokkan menurut sumbernya, jenisnya, cara pengumpulannya dan bagaimana data itu dikumpulkan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Data berdasarkan cara mendapatkannya

Data primer, yaitu data asli atau data baru yang dikumpulkan langsung dari peneliti.
Data sekunder, yaitu data yang tersedia yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang telah ada sebelumnya. Sebagai contoh; Perpustakaan, penelitian sebelumnya, dan banyak lagi.

2. Jenis data berdasarkan sumber

Data internal, yaitu data yang diterima secara internal dari suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Sebagai contoh; Informasi tentang jumlah karyawan, jumlah modal, jumlah produksi, dll.
Data eksternal, yaitu data yang diperoleh dari luar organisasi yang menggambarkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Sebagai contoh; Informasi tentang daya beli masyarakat, perubahan kebiasaan mereka, dll.

3. Jenis data berdasarkan jenisnya

Data kualitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk verbal, simbol atau gambar. Sebagai contoh; Kuesioner tentang kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan.
Data kuantitatif, yaitu data yang dinyatakan sebagai angka atau angka. Sebagai contoh; Harga saham, nilai laba dan lain-lain.

4. Data berdasarkan waktu pengumpulan

Data cross-sectional, yaitu data yang hanya dikumpulkan pada waktu-waktu tertentu dengan tujuan untuk mengetahui keadaan pada saat itu. Sebagai contoh; data penelitian kuesioner.
Data periodik, yaitu data yang dikumpulkan secara berkala dari waktu ke waktu untuk mengetahui perkembangan suatu peristiwa dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh; Data harga makanan.

fungsi data

Pada prinsipnya untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memecahkan suatu masalah, data berbagai aspek kehidupan manusia dapat dijadikan sebagai dasar. Namun penggunaan istilah data lebih umum digunakan dalam bidang teknologi komputer maupun dalam kegiatan penelitian.

Mengacu pada definisi data di atas, maka fungsi data adalah sebagai berikut:

  • Data dapat dijadikan acuan untuk mengambil keputusan saat memecahkan masalah.
  • Data dapat digunakan sebagai panduan atau sebagai dasar untuk penelitian atau perencanaan.
  • Data tersebut dapat dijadikan acuan pada saat melakukan suatu aktivitas.
  • Data tersebut menjadi dasar untuk mengevaluasi suatu kegiatan.

contoh data

Berikut adalah beberapa contoh tanggal, antara lain sebagai berikut:

  • kecelakaan di jalan.
  • Persia menang.
  • China berhasil menjadi juara umum GAMES ASIA 2018.
  • harga ayam.
  • Naiknya harga BBM.
  • anak sekolah.
  • minum jus wortel.
  • Konstruksi jalan.
  • Harga laptop saat ini untuk smartphone.
  • harga sayuran

metode pengumpulan data

Metode Pengumpulan Data – merupakan teknik atau cara yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data bertujuan untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian. Selain itu, alat pengumpul data adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data.

Beberapa metode pengumpulan data antara lain:

1. Wawancara

Wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan secara tatap muka, mengajukan pertanyaan dan jawaban langsung kepada peneliti dan narasumber. Seiring kemajuan teknologi, metode wawancara juga dapat dilakukan pada media tertentu seperti telepon, email atau skype.

pengamatan ke-2

Observasi merupakan metode pengumpulan data yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya. Namun metode observasi ini tidak hanya mengukur sikap responden saja, tetapi berbagai fenomena yang terjadi selama pengumpulan data dapat terekam melalui observasi.

3. Kuesioner (Kuesioner)

Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan serangkaian pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Selain itu, metode kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang lebih efisien ketika peneliti memiliki pemahaman yang jelas tentang variabel yang akan diukur dan apa yang diharapkan dari responden.

4. Studi Catatan

Merupakan metode pengumpulan data yang secara tidak langsung menjawab topik penelitian. Tinjauan dokumen adalah jenis pengumpulan data yang memeriksa berbagai jenis dokumen yang berguna untuk analisis dokumen.

Demikian artikel tentang Pengertian Data beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca Lecturerspintar.com untuk menambah ilmu dan wawasannya. Kita akan bertemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button