Pendidikan

√ Metode Penelitian : Pengertian, Macam dan Contoh

metode penelitian – Halo sobat Lecturerspintar.com semua, kali ini kita akan membahas artikel tentang metode penelitian. Metode penelitian berhubungan langsung dengan bagaimana seseorang menemukan sesuatu. Agar kamu lebih paham tentang metode penelitian, yuk langsung saja ke artikel berikut ini.

Definisi metode penelitian

Pengertian metode penelitian secara umum

Secara umum metode penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh data yang valid dengan tujuan dapat dikembangkan atau dibuktikan melalui penelitian tertentu sehingga data tersebut dapat digunakan untuk mengantisipasi permasalahan di daerah tertentu. Sedangkan pengertian metodologi penelitian adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana seharusnya penelitian dilakukan.

Metode penelitian menurut para ahli

Sedangkan menurut beberapa ahli, metode penelitian didefinisikan sebagai berikut:

  • Menurut Muhamad Nasir

    Pengertian metode penelitian M Nasir merupakan metode utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan mendapatkan jawaban atas permasalahan yang diajukan.

  • Menurut Prof ME Winarno

    Sedangkan menurut Winarno, metode penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang cermat dan sistematis.

  • Menurut Heri Rahyubi

    Heri Rahyubi berkeyakinan bahwa pengertian metode penelitian adalah suatu model cara yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai pembelajaran yang baik.

  • Menurut Prof.DR.Sugiyono

    Lain halnya menurut dr. Sugiyono yang mengatakan bahwa metode penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Tujuan metode penelitian

tujuan umum

  1. Untuk mendapatkan pengetahuan atau penemuan yang belum pernah ditemukan sebelumnya.
  2. Agar dapat membuktikan data yang terkumpul
  3. Untuk memverifikasi kebenaran data yang diterima.
  4. Membangun pengetahuan yang ada.

Tujuan Penelitian Teoritis

Tujuan penelitian secara teoritis adalah upaya untuk menemukan sesuatu. Wawasan yang diperoleh dari penelitian teoritis sering disebut sebagai penelitian dasar karena tidak dapat digunakan secara langsung.

Tujuan penelitian praktis

Sedangkan tujuan penelitian praktikum adalah untuk mencari dan menemukan ilmu yang dapat digunakan secara langsung dalam kehidupan. Jenis penelitian ini juga dikenal sebagai penelitian terapan.

Berbagai jenis metode penelitian

Ada beberapa metode untuk melakukan investigasi. Metode ini meliputi:

1. Metode kualitatif

Metode ini merupakan metode penelitian deskriptif yang menitikberatkan pada pemahaman mendalam terhadap suatu masalah. Metode penelitian kualitatif sendiri lebih menekankan pada kualitas gambaran yang jelas dan sesuai dengan fakta di lapangan serta cenderung lebih banyak menggunakan analisis. Metode kualitatif bertujuan untuk mengungkap makna dan pengalaman subjek penelitian terhadap suatu fenomena yang tidak mudah diukur dengan angka atau angka.

2. Metode kuantitatif

Sedangkan metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data berupa angka-angka, proses penelitiannya lebih menekankan pada hasil pengukuran yang objektif dengan menggunakan analisis statistik. Fokus dari metode ini adalah mengumpulkan data dan membuat generalisasi untuk menjelaskan fenomena tertentu yang dialami oleh populasi. Sebagai contoh, kami menguji hubungan antara tempat tinggal dan pendapatan.

3. Metode Pengumpulan

Sedangkan metode survei adalah metode penelitian yang menggunakan angket atau kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dalam penelitiannya. Sumber utama data berasal dari responden yang menjadi sampel penelitian. Kuesioner ditujukan kepada responden yang diyakini mewakili populasi tertentu untuk mendapatkan informasi tentang responden yang diyakini mewakili populasi tersebut.

4. Metode paparan fakto

Metode Expose Facto adalah penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu masalah yang menyangkut perubahan tingkah laku, fenomena yang disebabkan oleh peristiwa dan tingkah laku, atau hal-hal yang mempengaruhi perubahan variabel bebas yang telah terjadi secara keseluruhan, memungkinkan.

5. Metode deskriptif

Terakhir, terdapat metode deskriptif dimana metode ini berfungsi untuk menggambarkan peristiwa, kejadian dan gejala yang terjadi. Metode deskriptif berusaha mendeskripsikan dan mengidentifikasi mengapa, apa dan bagaimana suatu fenomena atau peristiwa dapat terjadi, yang dalam pelaksanaannya lebih menekankan pada pengamatan di lapangan, tanpa memperlakukan pengamatan tersebut secara khusus.

Ini adalah artikel lengkap tentang metode penelitian: definisi, jenis dan contoh. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di artikel Dosenpintar.com lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button